Contohnya, objek sebuah mobil mempunyai atribut tipe
transmisi, warna dan manufaktur. Mempunyai tingkah laku berbelok, mengerem dan
berakselerasi. Dengan cara yang sama pula kita dapat mendefinisikan perbedaan
sifat dan tingkah laku dari singa. Coba perhatikan tabel dibawah ini sebagai
contoh perbandingan :
Dengan deskripsi ini, obyek pada dunia nyata dapat secara
mudah asumsikan sebagai obyek perangkat lunak menggunakan atribut sebagai data
dan tingkah laku sebagai method. Data dan method dapat digunakan dalam
pemrograman game atau perangkat lunak interaktif untuk membuat simulasi obyek
pada dunia nyata. Contohnya adalah perangkat lunak obyek mobil dalam permainan
balap mobil atau perangkat lunak obyek singa dalam sebuah perangkat lunak
pendidikan interaktif pada kebun binatang untuk anak anak.
Perbedaan Class dan Object
Pada dunia perangkat lunak, sebuah obyek adalah sebuah
komponen perangkat lunak yang stukturnya
mirip dengan obyek pada dunia nyata. Setiap obyek dibangun dari sekumpulan data
(atribut) yang disebut variabel untuk menjabarkan karakteristik khusus dari
obyek, dan juga terdiri dari sekumpulan method yang menjabarkan tingkah laku
dari obyek. Bisa dikatakan bahwa obyek adalah sebuah perangkat lunak yang
berisi sekumpulan variabel dan
method yg berhubungan. Variabel dan method dalam obyek Java
secara formal diketahui sebagai variabel instance dan method instance. Hal ini
dilakukan untuk membedakan dari variabel class dan method class, dimana akan
dibahas kemudian. Class adalah sturktur dasar dari OOP. Class terdiri dari dua
tipe dari anggota dimana disebutdengan field (attribut/properti) dan method.
Field merupakan tipe data yang didefinisikan oleh class, sementara method
0 komentar:
Posting Komentar